Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gunakan 6 Aplikasi Terbaik Untuk Cek Kinerja HP Android

Bagaimana performa handphone android anda? sudah pernah dipantau? bagaimana kecepatan internetnya? pernah lemot? sudah dicek? Apakah grafisnya normal?

6 Aplikasi Terbaik Untuk Cek Kinerja HP Android

Untuk mengecek performa dan kinerja sebuah ponsel ternyata cukup mudah, cukup dengan beberapa aplikasi yang akan diulas berikut ini.

Tujuannya, tentu agar pengguna bisa cek sejauh mana kinerja ponselnya, bahkan info grafis yang dihasilkan, dan keceatan internetnya.

Dalam dunia teknologi, aplikasi untuk cek tersebut dikenal dengan istilah benchmark, dan biasanya juga berfungsi untuk melihat performa saat proses booting.

1. AnTuTu Benchmark

Antutu Benchmark

Aplikasi yang pertama ini, mungkin merupakan aplikasi benchmark yang paling populer, selain juga tersedia di pada platform iOS dan Windows Phone, aplikasi ini bisa dijadikan rujukan untuk mengetahui kinerja ponsel. 

Melalui aplikasi ini, Anda bisa mengetahui bagian dalam handphone serta mengukur performa hardware secara detail, termasuk untuk mengukur kemampuan prosesor. 

Notifikasi yang dihasilkan berupa tampilan angka atau skor dan bisa langsung dibandingkan antar smartphone.

Download Antutu Benchmark DISINI

2. GeekBench 4

GeekBench 4

Aplikasi berikutnya bernama GeekBench, yang secara spesifikasi dapat digunakan untuk mengetahui detail “jeroan” hardware pada smartphone.

Sementara fungsi utamanya yakni mengukur kinerja prosesor, dan Saat ini GeekBench 3 sudah tersedia di berbagai platform, termasuk Windows, Linux, Mac, iOS, dan Android. 

Metode tes-nya terbagi dua, yakni pengujian kinerja prosesor single-core dan multi-core. Hebatnya, GeekBench juga menawarkan mode Stress Test untuk menguji ketahanan dan kestabilan smartphone saat menjalankan beban komputasi dan proses booting.

Download GeekBench4 DISINI

3. PCMark for Android

PCMark for Android

Aplikasi Benchmark berikutnya bernama PCMark for Android yang memang diciptakan untuk menguji kinerja komputasi smartphone, khususnya kinerja prosesor sekaligus menyediakan pengujian ketahanan baterai.

Menariknya, PCMark for Android menggunakan pengujian yang dirancang mirip dengan penggunaan kita sehari-hari, seperti membuka foto, video, browser, hingga aplikasi office. 

Download PCMark For Android DISINI

4. 3D Benchmark - Android Gamers

3D Benchmark - Android Gamers

Tidak jauh berbeda dengan PCMark for Android, Aplikasi 3D Benchmark - Android Gamers juga tergolong Benchmark terbaik.

Kata “3D” pada namanya, bisa menggambarkan bahwa aplikasi benchmark yang satu ini secara khusus dirancang untuk menguji performa GPU smartphone saat pengelolaan grafis, khususnya saat penggunaan game.

Download 3D Benchmark - Android Gamers DISINI

5. GFXBench

GFXBench

Aplikasi benchmark nomor lima ini lebih fokus pada pengujian kemampuan grafis HP android, dan fiturnya cukup lengkap setidaknya ada sepuluh jenis pengujian grafis termasuk pengujian baterai. 

Oleh sebab itu Pengujian grafis yang ditawarkan GFXBench tergolong berat dengan beragam pilihan resolusi. 

Sementara Output dan notifikasi yang dihasilkan bukan berupa skor, melainkan angka frame per second yang biasa dijadikan tolok ukur kelancaran saat menjalankan game.

Download GFXBench GL Benchmark DISINI

6. CPU-Z

CPU-Z

Meski tampilannya jadul, namun Aplikasi Benchmark yang satu ini tergolong canggih, Selain kapasitasnya yang cukup ringan, dia juga bisa menampilkan informasi lengkap smartphone yang sahabat gunakan.

Mulai dari merk, model, kapasitas baterai, RAM, sampai dengan prosesor yang digunakan, jadi sudah tidak perlu lagi googling.

Download CPU-Z DISINI

Nah, demikian 6 Aplikasi Terbaik Untuk Cek Kinerja HP Android yang bisa sahabat gunakan secara gratis dan cukup akurat.

Posting Komentar untuk "Gunakan 6 Aplikasi Terbaik Untuk Cek Kinerja HP Android"