Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghemat Kuota Internet di HP Android

Seperti yang sudah maklum, smartphone kini seperti menjadi kebutuhan primer, sebab yang namanya ponsel pintar, banyak sekali kebutuhan masyarakat yang bisa dipenuhi melalui sebuah ponsel.

Cara Menghemat Kuota Internet di HP Android


Namun, penggunaan smartphone tersebut tidaklah efektif tanpa adanya koneksi atau sambungan dengan internet. Mengapa?

Sebab, internet merupakan salah satu syarat utama untuk menjalankan dan mengoptimalkan aplikasi-aplikasi berbasis online.

Tapi mungkin saja banyak diantara kita yang mengeluh, sebab penggunaan koneksi internet terasa boros, dan tak jarang butuh merogok kocek dalam-dalam agar tetap bisa berselancar di internet. Bukan kah begitu?

Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi salah satu solusi dan cara agar bisa hemat menggunakan kuota internet. menarik bukan?

Cara Afektif hemat kuota internet

Banyak sekali tips dan trik agar penggunaan internet tidak boros, dan salah satunya menggunakan sebuah aplikasi khusus.

Aplikasi yang di maksud adalah Datally, sebuah aplikasi besutan Google, yang pihaknya mengklaim dapat menghemat kuota internet hingga 30%.

Dikutip dari berbagai sumber, cara kerja Datally sendiri adalah dengan memutus koneksi internet pada aplikasi yang masih aktif dibelakang layar.

Hebatnya lagi, kita bisa memantau penggunaan internet pada aplikasi tertentu, sehingga kita bisa segera memangkasnya saat dirasa penggunaan kuota internet cukup banyak.

Cara Menghemat Kuota Internet di HP Android

Silahkan Download Aplikasinya melalui Google Play DISINI, dan Setelah aplikasi terpasang di perangkat, lalu tombol "data saver" di layar utama diaktifkan, beberapa aplikasi akan otomatis diblok dan internetnya tidak berfungsi. 

Namun, anda tidak perlu khawatir, anda masih bisa mengatur, dan memilih aplikasi mana yang dianggap penting sehingga masih bisa dijalankan datanya pada sistem background. 

Biasanya, aplikasi yang tetap terkoneksi data dibelakang layar, adalah media sosial dan layanan pesan instan seperti WhatsApp atau Facebook, guna memberikan pembaruan notifikasi.

Setiap pengguna membuka aplikasi, aplikasi ini akan memberikan laporan seberapa banyak data yang digunakan dalam bentuk balon notifikasi yang muncul secara pop-up. 

Jumlah data internet yang dikonsumsi akan secara langsung diberitahukan secara terus menerus selama aplikasi tersebut masih dibuka.

Sehingga, anda segera berhenti menggunakan aplikasi tersebut, jika kuota internet yang disedot dianggap terlalu banyak. 

Jika anda merasa risih dengan notifikasi pop-up ini, anda bisa men-setting, agar tidak tampil, dengan cara mengklik unable.

Keunggulan lain dari aplikasi Datally ini, anda juga bisa melacak lokasi wifi dan koneksi internet terdekat, via google maps. menarik bukan?

2 komentar untuk "Cara Menghemat Kuota Internet di HP Android"

  1. Terimakasih info aplikasi penghemat kuotanya.
    Segera dipraktekkan ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kang, udah pakai aplikasinya belom?

      Hapus

Ingat ya Sob? Jangan Lakukan Komentar Kayak Gini
1. Pakai Link Aktif / Non Atif
2. Gak Sesuai Topik

Tenang aja sob, kalau ada waktu tak balas, dan tak kunjungi balik